Ribuan Warga Muslim Bali Bersihkan Sampah Pantai

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Ribuan masyarakat Muslim Bali yang tergabung dalam Komunitas Muslim Peduli Bali (KMPB) membersihkan sampah pantai dalam aksi bersih-bersih di Pantai Kuta, Pantai Petitenget, Pantai Padma, dan Pantai Double Six di Kabupaten Badung, Bali, Ahad (7/1).

Aksi yang diikuti Ketua MUI Provinsi Bali, H. Taufik Asy’adi dan Ketua Komisi Pariwisata MUI Bali, H. Ismoyo Soemarlan, yang juga inisiator aksi, itu melibatkan sekitar 6.200 muslim Bali dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) tanpa membawa atribut kepentingan.

“Bagi sebagian turis, sampah pantai dianggap sebagai teror menakutkan, karena itu umat Islam di Bali harus ikut peduli, sekaligus menunjukkan kebersamaan dalam bingkai Nyama Bali, Nyama Selam,” kata H. Ismoyo disela-sela aksi yang dimulai sejak pukul 06.00 wita itu.

Tercatat 50 lebih organisasi/kelompok/komunitas yang ikut berpartisipasi langsung yakni, Fosiba, Aisyiyah, RWM Nurul Iman Padang Udayana, Yayasan Al Hikmah Joglo YAHJ, MA Al Muhajirin, Kelompok pengajian Edo Jaya Bali, Musholla Syuhada, BSMI Bali, OSIS SMA Albanna Denpasar, PII Bali, Bali Hotel Association, Pemuda PUI Bali, IPHI Wilayah Bali, dan ICMI Bali.

Selain itu, Pesantren Digital, FPMI Universitas Udayana, KAKAMMI Bali, KAHMI Bali, JSIT, Santri LaRoyba BBI Tbn, KM.NRC, Musholla Alfattah Ubung, Masjid Muhammad, PSNU Pagar Nusa Kuta Selatan, Biker Soleh and Likolaki, Masjid Attaqwa Polda Bali, IKMS Daerah Bali, Angkatan Muda Siliwangi dan Bamus, Oi Blankot Denpasar, PWNU Bali & Banom, Muhammadiyah, dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Presidium KAHMI Bali, Harry Sumarno mengatakan aksi ini merupakan kesempatan untuk kebersamaan guna merekatkan ukhuwah antar-Muslim di Bali.

“Ini murni aksi sosial, dimana mulai makanan, minuman dan alat untuk bersih-bersih pantai membawa dari rumah masing-masing peserta,” katanya.

Sementara itu, Ketua Sahabat Subuh Bali, Yusuf Santiaji, mengapresiasi kegiatan besar tersebut sebagai bentuk kepedulian masyarakat Muslim Bali terhadap kebersihan lingkungan.

“Acara ini sangat luar biasa, bisa memperat tali persaudaraan sesama Muslim seluruh Bali. Kami berharap acara ini bisa dilakukan lagi, semoga kedepannya diadakan lagi,” kata Yusuf Santiaji.

Senada dengan itu, Ketua FPMI Universitas Udayana, Alam Prabowo, mengajak kepada generasi muda Muslim Bali agar ikut turut serta berpartisipasi dalam kegiatan aksi sosial KMPB yang salah satunya aksi bersih-bersih pantai.

“Ini merupakan kegiatan sosial yang patut diikuti oleh anak muda zaman now agar kita lebih peduli dengan lingkungan sekitar kita,” katanya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Muru’ah

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?