PVMBG: Gunung Agung Kembali Alami Tremor Overscale

0
72
Seismograf
Seismograf, alat ukur gempa bumi. (Foto: Thinkstock/Petrovich9)

KARANGASEM, SERUJI.CO.ID –  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali mencatat aktivitas Gunung Agung mengalami gempa tremor terus menerus (overscale) antara pukul 17.24 WITA hingga pukul 18.00 WITA.

“Hari ini (Rabu) terjadi aktivitas gempa tremor secara terus menerus melebihi ambang batas dari alat yang kami miliki dan terdeteksi dari seismograf hampir 52 menit lamanya,” kata Kepala PVMBG Kasbani, saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung Desa Rendang, Karangasem, Rabu (29/11).

Ia mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Agung sat ini cenderung tinggi dan fluktuatif, sehingga potensi terjadinya erupsi masih akan terjadi setiap saat. Untuk amplitudo gempa overscale ini melebihi 23 mm atau dikatakan mencapai titik maksimal yang terdeteksi dari rekaman seismograf.

Gunung Agung yang saat ini masuk level IV (Awas), memang sudah dalam kondisi kritis dan sudah masuk fase erupsi magmatis.

“Saat ini magma sudah mengisi kawah gunung dan melihat adanya sinar merah (glow) yang disebabkan adanya dorongan magma,” ujarnya.

Kasbani mengatakan, untuk kandungan gas sulfur dioksida (SO2) dari hasil pemeriksaan masih cukup tinggi pada Selasa (28/11) mencapai 2.500 ton per hari.

“Angka ini masih sangat tinggi dan magma sudah keluar dan penyebab tremor ini karena pergerakkan fluida kepermukaan,” ujarnya.

Gas fluida ini bisa keluar berbentuk gas, lava, batuan vulkanik atau pun magma itu sendiri.

Sebelumnya, gunung setinggi 3.142 mdpl itu telah mengalami gempa tremor terus menerus (overscale) pada Selasa (28/11) antara pukul 13.30 Wita hingga 14.00 Wita.

Fenomena langka ini menujukkan kondisi ini menunjukkan Gunung Agung memasuki fase kritis. Ketinggian asap dari kawah Gunung Agung pada Selasa (28/11) teramati masih berwarna kelabu kehitaman dengan ketinggian 4.000 meter dari atas kawah.

Oleh karena itu, PVMBG meminta masyarakat harus berada di luar zona radius bahaya delapan kilometer dengan perluasan sektoral masih sepuluh kilometer. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman: Jika Tangkap Teroris Cepat, Tentu Polisi Juga Bisa Cepat Tangkap Akun Penyebar Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said berencana akan melaporkan pihak-pihak yang memfitnah dirinya dan calon Wakil Gubernur...
Ida Fauziyah

Ida Fauziyah: Fitnah Dilakukan Secara Sistematis dan Terencana Lewat Sosial Media

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menilai fitnah melalui media sosial terhadap dirinya dan calon Gubernur Sudirman Said dilakukan secara sistematis...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman Ungkap Keterlibatan Petinggi Partai Pengusung Ganjar Terkait Video Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebut adanya oknum petinggi partai pengusung petahana yang diduga berada di belakang beredarnya video fitnah di...

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...