Polda Bali Kampanyekan Regulasi Transportasi Online

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Daerah Bali bersama Dinas Perhubungan setempat mengampanyekan regulasi tentang transportasi online melalui seminar bertajuk “Permasalahan dan Penanganan Transportasi Online di Provinsi Bali” guna mengatasi polemik berlarut-larut terkait moda transportasi non-trayek itu.

“Melalui seminar ini diharapkan dapat membantu proses sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) agar mudah diterima masyarakat, sehingga kehadiran transportasi online tidak menimbulkan polemik yang dapat mengganggu keamanan dan keselamatan,” kata Kabag Ops Ditlantas Polda Bali AKBP I Made Rustawan dalam pembukaan seminar itu di Denpasar, Selasa (10/4).

Dalam seminar yang diselenggarakan Dirlantas Polda Bali itu, pihaknya menjelaskan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 terkait transportasi “online” yang meminta semua pihak untuk mengontrol dan mengawasi penyediaan aplikasi transportasi online agar tidak menimbulkan konflik dari para pengemudi transportasi online ini.

Guna mewujudkan hal ini, Dirlantas Polda Bali terus mengampanyekan keselamatan berlalu lintas dalam bentuk pamflet, banner, spanduk, dan melalui seminar ini.

“Melihat kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia yang saat ini terus berkembang, maka Polda Bali menggandeng semua pihak untuk mendukung upaya ini, baik itu dari Dishub Bali, komunitas, dan kelompok masyarakat yang peduli Kamseltibcarlantas,” katanya.

Ia menjelaskan, perbedaan angkutan konvensional dan angkutan online terletak pada cara pemesanan saja, sedangkan untuk operasional keduanya harus sama-sama memenuhi regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Dengan adanya transportasi online ini, diharapkan tanpa merevisi terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, karena pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan menggunakan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek,” ujarnya.

Seminar itu dihadiri Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Jasa Raharja Cabang Bali, Dekan Fakultas Teknik Udayana, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia, DPD Organda Provinsi Bali dan akademisi dari seluruh universitas di Bali. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER