close

PKPU Human Initiative Kirim Berbagai Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

MEDAN, SERUJI.CO.ID – PKPU Human Initiative (PKPU HI) telah mengirimkan bantuan tenaga dan logistik untuk para korban terdampak gempa 6,4 SR di Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (29/7/2018). Bantuan yang diberikan mulai dari menerjunkan tim rescue berbagai peralatannya, membuka posko “dapur air” yang menyediakan kebutuhan minum dan makanan ringan, serta mendistribusikan keperluan lainnya seperti tikar, karpet, selimut dan tenda.

Menurut Kepala Cabang PKPU HI Sumatera Utara, Mardi Sahendra, langkah awal yang dilakukan oleh Tim Kemanusiaan PKPU Human Initiative adalah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan bekerjasama dengan relawan lokal untuk menjalankan aksi bantuan.

“Sampai hari ini (Senin, 30/7), tim kami masih berada di lokasi terdampak dan tempat-tempat pengungsian untuk memberikan berbagai bantuan.” terangnya.

Kebutuhan saat ini yang sangat diperlukan adalah tenaga medis dan alat-alat kesehatan. Kebutuhan pasca gempa seperti perlengkapan tidur, makanan siap saji dan obat-obatan ringan sudah didistribusikan.


Sejumlah korban terdampak mengungsi ke Masjid “Karimah Muhammad Ali” sebuah Masjid yang dibangun atas bantuan dari donatur PKPU Human Initiative.

“Masjid yang pada Jum’at kemarin baru saja diresmikan kini menjadi posko gempa di Sembalun Lombok Timur,” ungkap Mardi Sahendra.

Sementara Kepala Dinas Sosial Nusa Tenggara Barat Ahsanul Khalik menyebutkan jumlah korban terdampak gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa pada Minggu pagi sebanyak 500 kepala keluarga.

Ada tiga kecamatan yang terdampak terparah akibat gempa, yakni Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, serta Kecamatan Bayan di Lombok Utara.

Sementara itu untuk korban meninggal akibat gempa itu, hingga informasi terkini pada Minggu (29/7) pukul 20.00 WITA sudah mencapai 16 orang. Selain korban meninggal dunia, BPBD NTB juga menerima laporan sementara jumlah korban luka berat dan ringan di Kecamatan Sambelia, yang dirawat di lapangan Obel-Obel sebanyak 51 orang, Puskesmas Belanting 62 orang, dan Puskesmas Sambelia sembilan orang. Sedangkan di Kecamatan Sembalun, sebanyak 29 orang.

Di Kabupaten Lombok Utara, sebanyak lima orang mengalami luka berat, dan 41 korban luka ringan.

Untuk jumlah rumah yang rusak di Kabupaten Lombok Timur mencapai lebih dari 1.000 unit, baik rusak berat, sedang dan ringan. Sedangkan di Kabupaten Lombok Utara, sebanyak 41 rumah rusak berat, 74 rusak sedang, dan 148 rusak ringan.

PKPU Human Initiative masih menanti uluran tangan dari para donatur untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi dan meringankan beban korban terdampak. Donasi langsung dapat dilakukan via Web di http://bit.ly/PKPUbencana Informasi lebih lanjut dapat menghubingi Subur Rojinawi: 0813-9150-0914 Koordinator Tim Rescue PKPU HI dilapangan. (PKPU/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).