Pengamat: Jadwal Kunjungan ke Komodo Perlu Diatur

0
15
Kawasan wisata komodo

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pengamat Ekonomi James Adam mengatakan jadwal kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo perlu diatur untuk menghindari dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan atau habitat satwa Komodo.

“Salah satu formulasi yang dapat diterapkan otoritas terkait dengan pembagian waktu atau seperti pola shift sehingga wisatawan tidak membeludak masuk serentak ke kawasan wisata Komodo,” kata Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi (SEI) Provinsi NTT di Kupang, Selasa (24/4).

Ia mengatakan terkait rencana otoritas Balai TN Komodo yang menata kembali arus wisatawan dengan membatasi jumlah kunjungan untuk menghindari dampak kelebihan kapasitas (overcapacity) terhadap kawasan wisata Komodo .

Jumlah kunjungan yang semakin membeludak dikhawatirkan akan berdampak pada lingkungan atau habitat satwa purba Komodo (varanus komodoensis) itu.

Mantan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Artha Wacana Kupang itu mengatakan, pada prinsipnya jumlah wisatawan ke TN Komodo sebenarnya tidak boleh dibatasi karena pemerintah juga sedang gencar membangun sektor pariwisata.

“Sehingga bukan membatasi jumlah kunjungan karena bisa menimbulkan salah persepsi bagi wisatawan yang mau datang, namun pembagian jumlah dan waktu ditata secara baik sesuai dengan daya dukung kawasan yang ada,” katanya.

Ia menjelaskan, pembagian jumlah dan waktu ini untuk mencegah dampak kunjungan wisatawan yang membeludak yang mengancam kepunahan satwa Komodo dan habitatnya.

“Untuk itu perlu diatur, jadi pada shift tertentu jumlah pengunjung yang masuk diperbolehkan sekian orang, setelah itu lainnya dan seterusnya,” katanya.

Menurutnya, pembagian pola kunjungan juga dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan terhadap aktivitas wisatawan di dalam kawasan wisata Komodo.

“Sehingga bisa terpantau dengan baik untuk menghindari aktivitas-aktivitas wisatawan yang merugikan selama berada dalam kawasan Komodo dan sebagainya,” katanya.

Selanjutnya, kata James, para pelaku wisata seperti agen-agen travel yang hendak membawa wisatawan ke TN Komodo juga bisa mengetahui jumlah dan waktu kunjungan untuk disesuaikan.

Balai TN Komodo mencatat arus wisatawan ke kawasan wisata setempat terus melonjak seiring waktu. Dalam tahun 2017, jumlah wisatawan ke TN Komodo tercatat mencapai sekitar 122.000 orang atau naik dari tahun 2016 sebanyak 82.000 orang. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Puasa, Ukurlah Lebih Dahulu Lingkar Pinggang Anda

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan latihan fisik, mental dan spiritual yang dilakukan secara bersamaan, terus menerus...
narkoba

BNN Ungkap Sindikat Narkoba Jaringan Riau-Jakarta

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan BNN Provinsi Riau membongkar sindikat narkoba jaringan Riau-Jakarta yang dikendalikan oleh seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan...

Indonesia Raih Runner Up Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim putri Indonesia menjadi runner up grup setelah pada pertandingan penyisihan turnamen bulu tangkis Piala Uber di Bangkok, Thailand, Rabu (23/5), harus...
KTP-el

Mendagri Minta Masyarakat Proaktif Rekam KTP-el

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta masyarakat yang belum merekam KTP elektronik (KTP-el) untuk proaktif merekam KTP-el sehingga bisa menggunakan hak...

Prabowo Kunjungi Anwar Ibrahim

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Selasa malam (22/5), mengunjungi Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR), Datuk Seri Anwar Ibrahim...