Pemkot Kupang Tindak Tegas Pengusaha Buang Limbah Tahu ke Sungai

0
20
Limbah tahu

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan menindak dengan tegas para pengusaha tempe dan tahu yang masih bebas membuang limbah ke sungai.

“Pertama-tama kami berikan peringatan terlebih dahulu bagi mereka, tetapi masih melakukan juga maka akan kami tutup juga usaha itu dan meminta polisi untuk menindak mereka,” kata Wali Kota Kupang Jefri R Koreh kepada wartawan di Kupang, Kamis (22/3).

Hal ini disampaikannya saat mengikuti acara memperingati Hari Air Sedunia yang diselenggarakan oleh Balai Sungai Wilayah NT II di Sungai Dendeng di Kelurahan Fontein, Kota Kupang.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu mendapatkan laporan dari warga soal pembuangan limbah pembuatan tahu dan tempe ke sungai yang mengakibatkan bau busuk.

Tak hanya itu akibat pembuangan limbah ke sungai itu, rumah-rumah yang berada di pinggiran sungai itu juga kena imbasnya. Yang lebih parah lagi sungai yang bersih menjadi kotor.

“Saya minta supaya kalau buang limbah pembuatan tahu dan tempe digalilah sebuah lubang agar pembuangannya dilakukan di lubang itu,” tambahnya.

Tak hanya bagi para pembuang limbah tahu dan tempe, masyarakat yang tinggal di penggiran sungai itu juga diharapkan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang aliran sungai itu.

“Kita bersyukur kita punya satu-satunya sungai yang tetap ada airnya sepanjang tahun. Oleh karena itu mari kita jaga agar bersih,” tuturnya.

Mantan Anggota DPR RI Komisi XI ini juga menceritakan saat dirinya masih berada dibangku sekolah, sungai itu justru dapat menjadi tempat bermain anak-anak karena memang jernih.

Oleh karena itu iapun berharap kondisi seperti saat dirinya sekolah bisa kembali terasa saat ini. Apalagi mulai dibersihkan oleh kurang lebih 200-an warga kota Kupang itu. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Diduga Ada ASN Dukung Gus Ipul, Ini Komentar Mantan Sekdaprov Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Munculnya postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu...

Tabung Elpiji Meledak di Bandung, 14 Orang Luka

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Tabung gas berukuran tiga kilogram meledak di sebuah rumah kontrakan di Gang Marsadi, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, dan melukai...

Korban Dukun Cabul di Sukabumi Terus Bertambah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Hasil pemeriksaan anggota Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat korban dukun cabul AR (43) warga Ciaul, Kota Sukabumi terus bertambah hingga...
Penggelapan dana

Kejaksaan Jatim Dalami 15 Anggota Dewan Terlibat P2SEM

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) mendalami keterlibatan 15 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim periode 2004 - 2009 dalam...
tewas

Seorang Wanita Tewas Diduga Keracunan Minuman

RANTAU, SERUJI.CO.ID - Seorang wanita muda berinisial HS berusia 18 tahun warga Desa Bakau, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia diduga karena...