Pemkot Kupang Akan Bantu 200 Kelompok Tani

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan memberikan bantuan kepada 200 kelompok tani pada 2018 dalam upaya meningkatkan produksi pertanian setempat.

“Sekalipun lahan pertanian di Kota Kupang terbatas namun memiliki 200 poktan yang akan menjadi sasaran penyaluran bantuan pemerintah pada 2018,” kata Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore di Kupang, Rabu (16/5).

Jefri mengatakan, 200 kelompok tani itu tersebar di enam kecamatan meliputi Kecamatan Maulafa, Oebobo, Kota Raja, Kelapa Lima, Alak dan Kota Lama.

Ia mengatakan, bantuan yang akan diberikan pemerintah Kota Kupang berupa bibit sayur-sayuran, jagung serta bibit padi.

“Pemerintah juga akan memberikan bantuan peralatan pertanian serta hand traktor untuk meningkatkan produksi pertanian guna memenuhi kebutuhan pasar lokal di Kota Kupang,” tegas Jefri.

Jefrison mendorong kelompok tani di ibu kota provinsi NTT itu untuk mengoptimalkan lahan yang memiliki sumber air untuk usaha pertanian.

“Pemerintah berharap lahan yang memiliki sumber air untuk ditanami berbagai jenis sayuran untuk kebutuhan masyarakat Kota Kupang,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Kupang, Hendrik Saba mengatakan, penyaluran bantuan bibit maupun peralatan pertanian bagi 200 kelompok tani akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2018.

Hendrik mengatakan,luas lahan pertanian di Kota Kupang hanya tertinggal 100 haktare dari sebelumnya seluas 150 haktare.

“Pengurangan lahan pertanian itu menyusul adanya alih fungsi lahan untuk pembangunan permukiman penduduk. Luas lahan yang telah dialih fungsikan sebanyak 50 haktare,” tegas Hendrik.

Dikatakannya, penyaluran bantuan bibit maupun peralatan pertanian sebagai salah satu upaya pemerintah Kota Kupang dalam meminimalisir terjadinya alih fungsi lahan pertanian untuk lahan permukiman. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER