NTB Fokus Kembangkan Tiga Kawasan Unggulan

0
84
Kepala DPMTSP, H Lalu Gita Aryadi, saat ditemui wartawan usai menghadiri Festival Desa Inovatif, Kamis siang (30/3/2017)

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan fokus pada pengembangan tiga kawasan ekonomi unggulan yang telah dicanangkan. Ketiga kawasan itu adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah; Titik Pertemuan Dunia (Global Hub), Bandar Kayangan, Kabupaten Lombok Utara; dan Samota (Teluk Saleh, Moyo dan Tambora) di Pulau Sumbawa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) NTB, H Lalu Gita Aryadi, saat ditemui usai menghadiri acara pembukaan Festival Desa Inovatif, di Taman Budaya NTB, Kamis (30/3/2017).

Menurut Gita, penekanan pada tiga kawasan tersebut bertujuan untuk mempercepat realisasi pembangunan serta penyelesaian segala persyaratan yang menjamin keberlangsungan investasi di kawasan tersebut.

“Sejauh ini kita sedang fokus menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, termasuk regulasi tentang RTRW Nasional yang menjadi jaminan bagi semua pihak ketika berinvestasi di tiga kawasan ini,” katanya.

Menurut Gita, para investor tidak mungkin akan menanamkan modalnya di NTB, jika jaminan keberlangsungan investasi mereka belum diselesaikan. Pemerintah daerah, lanjut Gita, terus berupaya membangun sinergi dengan semua pihak, termasuk para senator asal NTB untuk segera menuntaskan peryaratan yang diminta.

“Kita ambil contoh di KLU misalnya, di kawasan Global Hub, Bandar Kayangan nantinya akan dibangun kilang minyak untuk menunjang operasional pelabuhan. Dan itu prosesnya masih panjang,” sebut Gita.

Begitu juga halnya dengan di KEK Mandalika dan Samota. Menurut Gita, para investor nantinya pasti akan menggelontorkan dananya setelah jaminan keberlangsungan investasi itu sudah ada.

“Kalau urusan regulasi dan RTRW ini sudah selesai, insyaAllah proses berikutnya akan jauh lebih mudah,” pungkasnya. (Syamsul Bahri).

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Jember Tangkap Sindikat Pencuri Gula

JEMBER, SERUJI.CO.ID - Aparat Kepolisian Resor Jember menangkap lima tersangka yang diduga sebagai pelaku sindikat pencurian gula pasir saat melakukan aksinya di sebuah gudang...
bambang soesatyo

DPR Yakin Presiden Memahami Kebutuhan Gedung Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini Presiden Jokowi memahami kebutuhan DPR terkait gedung baru, meskipun kedua institusi tidak bertemu dan berbicara khusus...

Polresta Denpasar Tangkap Empat Tersangka Pengguna Narkoba

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar, Bali, menangkap empat tersangka bernama Mus (36 tahun), Ang (49 tahun), Nur (27 tahun) dan WG (41...
Febri Diansyah

KPK Nyatakan Siap Bila Novanto Ajukan Banding

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan lembaganya siap jika Setya Novanto mengajukan banding terhadap putusan pengadilan dalam perkara...
bambang soesatyo

Masyarakat Diingatkan Cermat Terhadap Produk Investasi Ilegal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat untuk lebih cermat dan waspada terhadap produk investasi tanpa izin yang dapat digunakan sebagai...