NTB Fokus Kembangkan Tiga Kawasan Unggulan

0
108
Kepala DPMTSP, H Lalu Gita Aryadi, saat ditemui wartawan usai menghadiri Festival Desa Inovatif, Kamis siang (30/3/2017)

MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan fokus pada pengembangan tiga kawasan ekonomi unggulan yang telah dicanangkan. Ketiga kawasan itu adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah; Titik Pertemuan Dunia (Global Hub), Bandar Kayangan, Kabupaten Lombok Utara; dan Samota (Teluk Saleh, Moyo dan Tambora) di Pulau Sumbawa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) NTB, H Lalu Gita Aryadi, saat ditemui usai menghadiri acara pembukaan Festival Desa Inovatif, di Taman Budaya NTB, Kamis (30/3/2017).

Menurut Gita, penekanan pada tiga kawasan tersebut bertujuan untuk mempercepat realisasi pembangunan serta penyelesaian segala persyaratan yang menjamin keberlangsungan investasi di kawasan tersebut.

“Sejauh ini kita sedang fokus menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, termasuk regulasi tentang RTRW Nasional yang menjadi jaminan bagi semua pihak ketika berinvestasi di tiga kawasan ini,” katanya.

Menurut Gita, para investor tidak mungkin akan menanamkan modalnya di NTB, jika jaminan keberlangsungan investasi mereka belum diselesaikan. Pemerintah daerah, lanjut Gita, terus berupaya membangun sinergi dengan semua pihak, termasuk para senator asal NTB untuk segera menuntaskan peryaratan yang diminta.

“Kita ambil contoh di KLU misalnya, di kawasan Global Hub, Bandar Kayangan nantinya akan dibangun kilang minyak untuk menunjang operasional pelabuhan. Dan itu prosesnya masih panjang,” sebut Gita.

Begitu juga halnya dengan di KEK Mandalika dan Samota. Menurut Gita, para investor nantinya pasti akan menggelontorkan dananya setelah jaminan keberlangsungan investasi itu sudah ada.

“Kalau urusan regulasi dan RTRW ini sudah selesai, insyaAllah proses berikutnya akan jauh lebih mudah,” pungkasnya. (Syamsul Bahri).

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...