Mensos: Sampah dan Illegal Logging Biang Banjir

MATARAM – Banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia umumnya disebabkan oleh praktik illegal logging yang marak terjadi akhir-akhir ini, serta perilaku membuang sampah di sembarang tempat. Hal ini diungkapkan  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Kabupaten Sumbawa, Rabu (15/2) kemarin.

“Indonesia saat ini berada dalam urutan lima besar dunia terkait sampahnya. Maka, saya berharap lingkungan kita harus dijaga dari tumpukan sampah,” imbaunya. Selain itu, pembangunan rumah di bantaran sungai juga disinyalir turut berkontribusi dalam musibah banjir di Sumbawa. Dalam kesempatan tersebut ia meminta agar semua pihak tidak lagi memanfaatkan bantaran sungai untuk mendirikan bangunan.

Dalam lawatannya kali ini, Khofifah membawa bantuan senilai Rp. 1,69 miliar yang diperuntukkan bagi korban banjir di Sumbawa. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril di Wisma Daerah Sumbawa. Bantuan tersebut terdiri dari peralatan kebersihan lingkungan sebesar Rp 950 juta dan Rp 749 juta lainnya untuk kebutuhan logistik.

Menteri Khofifah mengatakan, kondisi Sumbawa pasca banjir membutuhkan penanganan sesegera mungkin dengan melibatkan berbagai pihak. “Harus segera ditangani, tidak boleh ditunda-tunda,” tegas Khofifah dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, mengaku terhibur dengan kehadiran Mensos Khofifah. Pasalnya, banjir Sumbawa kali ini telah merendam puluhan hektare lahan pertanian, perkebunan, serta perikanan dan merata hampir di semua kecamatan.  Karena itu, kata Djibril, kehadiran Mensos sangat berarti bagi masyarakat Sumbawa.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat. Karena kami tidak ingin masyarakat kami terlalu lama menderita,” tutupnya.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.