Landasan Bandara Haliwen Akan Diperpanjang 400 Meter

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Wakil Bupati Belu, Nusa Tenggara Timur, JT Ose Luan, mengatakan landasan pacu Bandara Haliwen di Kota Atambua, ibu kota Kabupaten Belu, segera diperpanjang 400 meter untuk mendukung aktivitas penerbangan di bandara itu.

“Sekarang lahan sudah kami bebaskan 400 meter untuk memperpanjang landasan pacu Bandara Haliwen sehingga tinggal dikerjakan,” kata JT Ose Luan, Senin (7/6).

Ia menjelaskan, kondisi landasan pacu Bandara Haliwen saat ini sepanjang 1.600 meter dan akan ditambah 400 meter menjadi 2.000 meter.

Lahan sepanjang 400 meter ini dibebaskan dengan harga Rp115.000 per meter persegi, kata mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Belu itu.

Pemerintah setempat menargetkan landasan pacu Bandara Haliwen akan terus diperpanjang mencapai hingga 2.500 meter.

“Pertimbangannya Bandara Haliwen ini merupakan satu-satunya bandara yang lebih dekat dengan perbatasan negara dengan Timor-Leste,” katanya.

Ose Luan menjelaskan, sebelumnya pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk pembebasan lahan 500 meter sehingga menjadi 2.500 meter.

Hanya saja, lanjutnya, masih dalam proses dengan pertimbangan perpanjangan landasan pacu sepanjang 4.00 meter yang sudah bebas terlebih dahulu dikerjakan.

“Untuk pembebasan 500 meter berikutnya nanti setelah yang 400 meter ini dikerjakan, karena persoalan lahan itu sensitif, sedikit saja orang bisa bilang mark-up,” katanya.

Menurutnya, pemerintah berupaya menghindari upaya-upaya mark-up anggaran dalam pembebasan lahan yang biasanya terjadi karena faktor pengaruh dari pihak-pihak tertentu yang membuat nilai tanah menjadi tidak wajar.

Ia mengatakan, saat ini nilai jual tanah di sekitar bandara menjadi lebih mahal setelah landasan pacu diperpanjang menjadi 1.600 meter.

“Duluh pembebasan menjadi 1.600 meter dengan harga Rp50.000 dan Rp65.000 per meter, tapi selanjurnya bisa menjadi lebih mahal apalagi sekarang pesawat sudah tiga kali mendarat setiap hari,” katanya.

Ose Luan memastikan pemerintah daerah tetap berkoordinasi dengan pihak Pertanahan maupun pemilik lahan agar pembebasan lahan untuk landasan pacu yang ditargetkan mencapai 2.500 meter berjalan lancar.

“Kalau landasan pacu memadai maka dapat disinggahi pesawat berbadan besar sekelas Boeing, dan tentu manfaatnya besar untuk masyarakat dan pemerintah di daerah perbatasan ini,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER