Kementerian ESDM Tambah Sumur Bor untuk Kabupaten Alor

0
61

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menambah alokasi pembangunan satu sumur bor besar di Desa Pulau Buaya, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

“Pak Menteri ESDM Ignatius Jonan telah memenuhi permintaan masyarakat Pulau Buaya untuk pembangunan sumur bor dalam kunjungannya kemarin (Sabtu, 24/3),” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT Boni Marisin di Kupang, Ahad (25/3).

Menteri Ignasius Jonan menyanggupi permintaan masyarakat tersebut ketika melakukan tele conference dari Kota Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor dengan masyarakat di Desa Pulau Buaya.

Menurut Boni, menteri telah menjanjikan alokasi tambahan satu sumur bor yang akan direalisikan dalam tahun 2018 ini.

Ia mengemukakan, kebutuhan air bersih bagi masyarat di Desa Pulau Buaya memang sangat penting dan mendesak karena daerah itu tidak memiliki sumber air tawar sehingga harus menyeberang ke pulau lain di sekitar untuk mendapatkannya.

“Pak Menteri Jonan juga baru mengetahui kondisi ini sehingga ia berjanji dalam tahun ini segera merealisasikan permintaan masyarakat tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk membangun satu sumur bor besar dibutuhkan anggaran hingga Rp500 juta dan diperkirakan debit air yang dihasilkan bisa melayani hingga 3.000 jiwa.

Jika sumur bor dibangun di Pulau Buaya, lanjutnya, maka dipastikan bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat yang terdiri dari 608 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 1.675 jiwa.

Ia menambah, pemerintah provinsi juga akan menambah usulan tambahan sumur bor untuk daerah lain di provinsi berbasiskan kepulauan ini sesuai anjuran menteri dalam kunjungannya itu.

Menteri ESDM dalam kunjungannya itu telah meresmikan sebanyak 12 sumur bor yang menyebar di delapan kabupaten di antaranya Ende, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Alor dan di Kabupaten Kupang. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...