Harga Ayam Naik Akibat Stok Bibit Berkurang

MATARAM, SERUJI.CO.ID – Dinas Pertanian Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, kenaikan harga ayam broiler dipicu karena stok bibit ayam tersebut berkurang dan hal ini terjadi secara nasional.

“Kenaikan harga ayam broiler saat ini bukan karena permainan pengepul tetapi murni karena stok bibit atau DOC ‘day old chicken’ berkurang,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram H Mutawalli di Mataram, Jumat (4/5).

Mutawalli yang ditemui seusai mengikuti rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID) mengatakan, harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional saat ini rata-rata mencapai Rp36 ribu per kilogram hingga Rp40 ribu per kilogram.

Di mana harga tersebut biasanya berkisar Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram.

Ia mengatakan, masalah kenaikan harga ayam broiler tidak hanya terjadi di Kota Mataram, melainkan sudah menjadi masalah nasional sehingga penanganannya juga dilakukan secara nasional.

Di mana untuk menangani masalah kelangkaan bibit ayam broiler itu, saat ini pemerintah telah melakukan koordinasi dengan sejumlah produsen bibit ayam broiler agar segera mengirim bibit dengan jumlah normal.

Informasi dari produsen, biasanya mereka mengirim bibit ayam broiler ke daerah ini sebanyak 50 ribu ekor per hari, namun karena terjadi kelangkaan kini hanya mampu mengirim 20 ribu ekor.

“Akibatnya, agen-agen ayam broiler kekurangan sehingga memicu kenaikan harga,” katanya.

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya kenaikan lagi, Dinas Pertanian juga segera berkoordinasi dengan para pengusaha yang ada di Lombok untuk bisa memasukkan ayamnya ke Kota Mataram.

Kalau di Mataram, katanya, jumlah pengusaha besar pemasok ayam broiler saat ini hanya tiga perusahaan dan sekitar empat hingga lima pengusaha kecil.

“Para pengusaha besar ayam broiler lebih banyak berada di luar kota karena kondisi dan areal di kota yang sangat terbatas,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER