Gubernur NTB Setujui UMK Mataram Rp 1.863.524

0
224
UMK
Ilustrasi

MATARAM, SERUJI.CO.ID – Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi telah menyetujui penetapan upah minimum Kota Mataram sebesar Rp 1.863.524.

“Persetujuan itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubenur NTB Nomor 561-896, yang kami terima 28 November 2017,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H Saiful Mukmin di Mataram, Sabtu (2/12).

Dikatakan, setelah adanya penetapan UMK tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada perusahaan yang ada di kota ini terutama perusahaan skala besar.

Sosialisasi ini sekaligus agar para pimpinan perusahaan bisa mempersiapkan diri untuk membayar UMK sesuai dengan ketentuan mulai 1 Januari 2018.

“Apabila ada perusahaan yang tidak memberikan pengupahan sesuai UMK, itu akan menjadi ranah kita untuk diproses sesuai ketetuan yang ada,” ujarnya.

Ia juga meminta agar karyawan yang tidak menerima upah sesuai UMK melapor ke Disnaker agar dapat ditindaklanjuti.

Lebih jauh, Saiful mengatakan, besaran UMK yang ditetapkan itu naik sebesar 8,71 persen dari UMK 2017 sebesar Rp 1.714.216, dan lebih tinggi dari UMK provinsi.

Menurutnya, kenaikan UMK sebesar 8,71 persen tersebut telah melalui kajian dewan pengupahan berdasarkan kebutuhan layak hidup (KHL) Rp 1.714.216.

Selain itu juga pertimbangan, inflasi nasional sebesar 3,72 persen, dan produk domestik bruto sebesar 4,99 persen.

“Nilai inflasi nasional dan nilai pertumbuhan ekonomi nasional itulah yang mempengaruhi kenaikan UMK sebesar 8,71 persen,” katanya.

Diharapkan dengan kenaikan UMK tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya secara wajar, di samping itu perusahaan dapat berkembang lebih baik dengan memotivasi pekerja untuk meningkatkan produktivitasnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Flash- Merapi Alami Kembali Letusan Freatik

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID- Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah kembali mengalami letusan freatik, Senin (21/5), sekitar pukul 09.38 WIB dengan durasi...
daging sapi

Bulog Bangka Datangkan Ratusan Daging Beku

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID - Perum Bulog Subdivre Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendatangkan 300 kilogram daging sapi beku, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat selama...

Jepang dan Taiwan Menang Telak di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim favorit Jepang dan Taiwan masing-masing belum menemui kesulitan dan mencatat kemenangan telak pada babak penyisihan grup turnamen bulu tangkis beregu...

Gara-Gara Ayam, Keponakan Tega Bunuh Pamannya Sendiri

GARUT, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang tersangka yang membunuh pamannya sendiri di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (20/5) siang, yang dipicu masalah menanyakan...

Jangan Takut Gemuk Makan Setelah Sholat Tarawih

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Masyarakat tidak perlu takut gemuk lantaran makan di waktu malam setelah sholat tarawih karena asupan tersebut untuk mengganti energi yang terbuang...