Gubernur NTB Berkomitmen Laksanakan SDG’s

1
105
zainul majdi
Gubernur Nusa Tenggara Barat, HM. Zainul Majdi

MATARAM – Sukses dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s) selama empat tahun berturut-turut, dari tahun 2011-2015, bukanlah jaminan untuk sukses dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Karena memang ada perbedaan diantara keduanya.

Kesuksesan SDG’s nantinya sangat ditentukan oleh pemahaman aparatur pemerintahan terhadap kompleksitas pembangunan yang dikehendaki SDG’s. Demikian ditegaskan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Zainul Majdi, saat membuka loka karya “Pencapaian MDG’s di NTB dan Tantangan Menuju SDG’s”, bekerja sama dengan The SMERU Research Institute, di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur, Selasa (7/3).

Gubernur menjelaskan, perencanaan pembangunan NTB ke depan harus diarahkan untuk mambangun manusianya serta mewujudkan kesejahteraan secara merata.

“Disamping pembangunan ekonomi, aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah membangun manusia. Baik pada aspek fisik maupun mentalitas mereka” paparnya.

Gubernur menilai, pembangunan yang tidak didasari oleh semangat membangun manusia akan menyebabkan ketimpangan sosial serta kesenjangan ekonomi dan akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan pembangunan daerah.

“Saya bersama wakil gubernur dan sekretaris daerah menginstruksikan kepada seluruh SKPD agar mereview kembali semua produk yang kita keluarkan, apakah sesuai semangat SDG’s ataukah tidak. Jangan sampai kebijakan tersebut menimbulkan kesenjangan yang lebih besar,” tegas gubernur yang juga hafizh Qur’an ini.

Ia berharap, semua peraturan daerah yang dikeluarkan tidak menjadi batu sandungan bagi masyarakat kecil yang memiliki keterbatasan modal untuk mengembangkan aktivitas ekonominya, sehingga mereka tetap bersemangat dalam berusaha, karena merasa mendapat fasilitas yang cukup dari pemerintah daerah.

Dalam lokakarya ini, menurut pantauan SERUJI, hadir pula Wakil Gubernur NTB, HM. Amin, Sekretaris Daerah, Rosiadi Sayuti, Kepala Bappeda NTB, Ridwansyah, Direktur Utama, SDG’s Center, Universitas Padjajaran, Armida Alisjahbana, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Provinsi NTB, dan seluruh wakil bupati/walikota Se-NTB. (Syamsul)

EDITOR: Iwan Y

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Jember Tangkap Sindikat Pencuri Gula

JEMBER, SERUJI.CO.ID - Aparat Kepolisian Resor Jember menangkap lima tersangka yang diduga sebagai pelaku sindikat pencurian gula pasir saat melakukan aksinya di sebuah gudang...
bambang soesatyo

DPR Yakin Presiden Memahami Kebutuhan Gedung Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini Presiden Jokowi memahami kebutuhan DPR terkait gedung baru, meskipun kedua institusi tidak bertemu dan berbicara khusus...

Polresta Denpasar Tangkap Empat Tersangka Pengguna Narkoba

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar, Bali, menangkap empat tersangka bernama Mus (36 tahun), Ang (49 tahun), Nur (27 tahun) dan WG (41...
Febri Diansyah

KPK Nyatakan Siap Bila Novanto Ajukan Banding

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan lembaganya siap jika Setya Novanto mengajukan banding terhadap putusan pengadilan dalam perkara...
bambang soesatyo

Masyarakat Diingatkan Cermat Terhadap Produk Investasi Ilegal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat untuk lebih cermat dan waspada terhadap produk investasi tanpa izin yang dapat digunakan sebagai...