Gubernur NTB Berkomitmen Laksanakan SDG’s

1
129
zainul majdi
Gubernur Nusa Tenggara Barat, HM. Zainul Majdi

MATARAM – Sukses dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s) selama empat tahun berturut-turut, dari tahun 2011-2015, bukanlah jaminan untuk sukses dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Karena memang ada perbedaan diantara keduanya.

Kesuksesan SDG’s nantinya sangat ditentukan oleh pemahaman aparatur pemerintahan terhadap kompleksitas pembangunan yang dikehendaki SDG’s. Demikian ditegaskan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Zainul Majdi, saat membuka loka karya “Pencapaian MDG’s di NTB dan Tantangan Menuju SDG’s”, bekerja sama dengan The SMERU Research Institute, di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur, Selasa (7/3).

Gubernur menjelaskan, perencanaan pembangunan NTB ke depan harus diarahkan untuk mambangun manusianya serta mewujudkan kesejahteraan secara merata.

“Disamping pembangunan ekonomi, aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah membangun manusia. Baik pada aspek fisik maupun mentalitas mereka” paparnya.

Gubernur menilai, pembangunan yang tidak didasari oleh semangat membangun manusia akan menyebabkan ketimpangan sosial serta kesenjangan ekonomi dan akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan pembangunan daerah.

“Saya bersama wakil gubernur dan sekretaris daerah menginstruksikan kepada seluruh SKPD agar mereview kembali semua produk yang kita keluarkan, apakah sesuai semangat SDG’s ataukah tidak. Jangan sampai kebijakan tersebut menimbulkan kesenjangan yang lebih besar,” tegas gubernur yang juga hafizh Qur’an ini.

Ia berharap, semua peraturan daerah yang dikeluarkan tidak menjadi batu sandungan bagi masyarakat kecil yang memiliki keterbatasan modal untuk mengembangkan aktivitas ekonominya, sehingga mereka tetap bersemangat dalam berusaha, karena merasa mendapat fasilitas yang cukup dari pemerintah daerah.

Dalam lokakarya ini, menurut pantauan SERUJI, hadir pula Wakil Gubernur NTB, HM. Amin, Sekretaris Daerah, Rosiadi Sayuti, Kepala Bappeda NTB, Ridwansyah, Direktur Utama, SDG’s Center, Universitas Padjajaran, Armida Alisjahbana, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Provinsi NTB, dan seluruh wakil bupati/walikota Se-NTB. (Syamsul)

EDITOR: Iwan Y

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...