Gempa Berkekuatan 4,1 SR Guncang Lombok Tengah

MATARAM, SERUJI.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan 4,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13/7) sekitar pukul 13.36 WITA, namun tidak berpotensi Tsunami.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Hasil analisa Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,98 lintang selatan dan 116,22 bujur timur. Tepatnya pada jarak 32 kilometer (km) arah barat daya Kabupaten Lombok Tengah, pada kedalaman 79 km.

Agus menambahkan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Lombok Tengah mengalami guncangan dalam skala intensitas I skala intensitas gempa (SIG) BMKG, atau I-II modified mercalli intensity (MMI).

“Di daerah tersebut guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang,” katanya sambil menegaskan bahwa dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.05 Wita, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Agus masyarakat masyarakat di wilayah Lombok Tengah, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Indonesia Darurat Keadilan

Ghazwul Fikri dan Media