DPRD: Sampah di Bali Jadi Sorotan Masyarakat Dunia

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Tirtawan mengatakan sampah di Pulau Dewata menjadi sorotan masyarakat dunia, karena itu pemerintah daerah harus mencarikan jalan keluar.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah harus mencarikan jalan keluar mengenai tumpukan sampah dan tidak maksimalnya pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA),” kata Tirtawan di Denpasar, Rabu (25/4).

Ia mengatakan permasalahan sampah di Bali telah menjadi sorotan sejak lama. Namun usaha mencarikan jalan keluar harus segera dilakukan, karena jika terus dibiarkan akan menambah parah kondisi alam di Pulau Dewata.

“Saya amati serakan sampah justru di tempat-tempat strategis. Ini gimana sistem kerja petugas dari dinas kebersihan dan pertamanan dalam mengelola sampah. Masak di depan Museum Bajara Sandhi Renon, Denpasar, ada sampah berserakan. Ini sangat aneh dong,” ujar politikus yang juga penggiat lingkungan hidup.

Oleh karena itu, kata Tirtawan, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah melakukan tindakan dengan menyiapkan petugas lebih banyak untuk menjaga kebersihan tersebut.

“Di samping itu kesadaran masyarakat juga dituntut agar peduli dengan lingkungan, sehingga tidak membuang sampah di sembarang tempat,” ucap politikus Partai NasDem.

Menurut dia, jika kesadaran masyarakat untuk peduli dengan lingkungan, maka keberadaan sampah tersebut bisa ditekan secara minimal.

“Bali sebagai tujuan wisata internasional, semestinya kepedulian masyarakat dan kesigapan pemerintah daerah dalam penanganan sampah akan lebih tinggi. Budaya hidup bersih harus mulai diciptakan dari rumah tangga sendiri, kemudian pada lingkungan sekitar,” ujar anggota Komisi I DPRD Bali.

Hal tersebut, kata Tirtawan, masih kurang pada budaya Indonesia, khususnya warga Bali. Padahal dengan menyandang sebagai daerah tujuan wisata, semestinya sampah tidak sampai menjadi sorotan para pelancong.

“Kita bisa bandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura. Negaranya sangat kecil, tapi kunjungan wisatawannya sangat tinggi, namun soal kebersihan menjadi sorotan utama dengan menyandang negara bersih,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Petani dan Musim Semi

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER