DPRD Bali: Wacana KB Empat Anak Hanya Sebatas Imbauan

0
53
Keluarga Berencana

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama menilai wacana program keluarga berencana (KB) empat anak di Bali sebagai bentuk pelestarian budaya Pulau Dewata hanya sebatas imbauan kepada warga.

“Mengenai program KB empat anak bagi warga Bali itu hanya bersifat imbauan saja. Rasanya tidak bisa dimasukkan dalam program pemerintah daerah,” kata Adi Wiryatama di Denpasar, Selasa (27/3).

Ia mengatakan soal memiliki anak tersebut adalah kebebasan dan hak asasi manusia. Karena tergantung dari kemampuan ekonomi keluarga bersangkutan.

“Punya anak banyak itu sah-sah saja. Tapi kalau perekonomiannya tidak memadai itu justru jadi beban dalam kehidupannya,” ucap politikus PDIP.

Menurut mantan Bupati Tabanan dua periode tersebut, bahwa wacana program KB empat anak di Bali memang bagus untuk melestarikan budaya Bali agar tidak ada generasi dan nama Bali seperti “Nyoman atau Komang dan Ketut” yang punah.

Namun juga harus dilihat kemampuan ekonomi masyarakat, jika itu memaksakan diri mempunyai anak lebih banyak, maka akan berdampak pada kesejahteraan keluarga.

Ia berharap masyarakat Bali tentu harus mengukur kemampuan diri dan ekonomi keuangan sebelum memutuskan mempunyai anak banyak di luar program KB nasional yang cukup maksimal dua anak saja.

“Semua itu kembali pada keluarga masing-masing. Karena perkembangan zaman dengan memiliki banyak anak, tanpa diimbangi kemampuan ekonomi memadai hal tersebut akan menjadi beban juga di keluarganya,” ucapnya.

Adanya imbauan kepada warga Bali melestarikan nama “komang dan ketut”, kata Adi Wiryatama, adalah sah-sah saja.

“Iya, tapi itu hanya sebatas imbauan dan wajana saja. Karena pemerintah tidak akan terlalu ikut campur masalah hak asasi manusia mengenai pelestarian budaya memiliki banyak anak,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Per Hari Ini Layanan Yahoo Messenger Berakhir

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Layanan kirim pesan yang dulu amat populer, dan hampir semua pengguna komputer menggunakannya untuk berkomunikasi, Yahoo Mesengger, dalam hitungan jam hari...

Dianggap “Loyalis” SBY, Peluang Moeldoko Dampingi Jokowi Bisa Terganjal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Nama Mantan Panglima TNI, Moeldoko makin santer disebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) ...
IMG_20180324_111527

Optimis Prabowo Menang, Koalisi Gerindra, PAN, dan PKS Mulai Susun Kabinet

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional menyatakan mengambil langkah maju untuk menyusun rancangan kabinet sejak dini, yang...
Prabowo Subianto

Kantongi Tiket Capres, Gerindra Optimis Prabowo Akan Memenangkan Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra menyatakan ketua umumnya Prabowo Subianto telah memastikan maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019. Hal itu setelah koalisi pertai pendukung...

Salah Persepsi di Masyarakat Terkait SKM, Senator Minta Pemerintah Sosialisasi Masif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Karena adanya persepsi yang keliru ditengah masyarakat, terkait susu kental manis (SKM), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris meminta Pemerintah...