Disdik: Belum 100 Persen SMA/SMK di Bali Siap UNBK

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Provinsi Bali mencatat SMA/SMK di daerah setempat belum bisa 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan berlangsung pada awal April 2018.

“Sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka sekolah dapat melaksanakan UNBK kalau pada satu tempat. Namun, untuk di Kabupaten Karangasem, ada sekolah yang siswanya banyak, tetapi komputernya tidak mencukupi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani, di Denpasar, Senin (12/3).

Untuk SMA/SMK di Karangasem, lanjut dia, sebenarnya jika dari sisi jumlah siswa dapat dilaksanakan di sekolah lain (dua tempat-red), tetapi aturan yang tidak memungkinkan.

“Dengan melihat kondisi itu, SMA/SMK di Karangasem tidak diizinkan untuk melaksanakan UNBK oleh Kemendikbud. Apalagi proses verifikasi langsung dilakukan oleh Kepala Balitbang Kemendikbud,” ujarnya.

Dengan demikian, UNBK untuk tingkat SMA/SMK di Bali hanya dilaksanakan pada tujuh kabupaten dan kota, di luar Kabupaten Karangasem.

Sesuai data proyeksi UN 2018 di Dinas Pendidikan Provinsi Bali, ada 6 SMA (788 siswa) dan 4 SMK (863 siswa) di Kabupaten Karangasem yang akhirnya melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sedangkan sekolah yang melaksanakan UNBK di seluruh Bali, terdiri dari 178 SMA (29.376 siswa) dan 165 SMK (29.420 siswa). UN SMK digelar 2-5 April dan UN SMA pada 9-12 April 2018.

“Kalau dengan UNBK, sebenarnya kita sudah tidak masalah. Mencontek tidak bisa, bocorin soal dan jawaban tidak bisa, kerja sama juga tidak mungkin. Untuk UNKP, sekarang akan dibuat 20 paket soal. Jadi soal-nya tidak sama untuk semua siswa dalam satu kelas. Semua soal sepenuhnya produk pusat,” kata TIA.

Mantan Kepala Badan Diklat Provinsi Bali itu menambahkan, baik UNBK maupun UNKP dengan 20 paket soal tetap mengutamakan integritas. Meskipun, hasil UN kini tidak lagi menjadi penentu kelulusan, namun digunakan pemerintah untuk mengetahui dan memetakan kualitas pendidikan.

Sementara untuk jenjang SMP, UNBK dan UNKP digelar 23-26 April mendatang. UNBK untuk jenjang SMP, bahkan baru 100 persen di satu kabupaten saja yakni Bangli, dari total sembilan kabupaten/kota yang ada.

UNBK jenjang SMP di Bali akan dilaksanakan di 185 sekolah (31.322 siswa), sedangkan yang melaksanakan UNKP di 254 sekolah (37.368 siswa). (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pemimpin Belum Lulus

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.