Dinsos: Beras Cadangan Bencana Alam Belum Digunakan Empat Tahun

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur Wellem Foni mengemukakan beras cadangan pemerintah provinsi untuk penanganan bencana alam belum digunakan selama empat tahun terakhir sejak 2014 hingga sekarang.

“Cadangan beras provinsi untuk bantuan bencana yang ada di gudang kami ada 800 ton, belum digunakan selama empat tahun terahkhir sejak 2014,” kata Wellm Foni di Kupang, Jumat (18/5).

Ia menjelaskan, setiap tahun pemerintah provinsi menyediakan beras cadangan untuk penanganan bencana sebesar 200 ton, ditambah 50 ton cadangan reguler yang dapat disalurkan sebelum bencana.

Menurutnya, memang ada bencana yang terjadi selama beberapa tahun terakhir namun berskala kecil sehingga bantuan beras bisa ditangani pemerintah kabupaten/kota.

Masing-masing kabupaten/kota memiliki beras cadangan bencana setiap tahun sebesar 100 ton sebagai cadangan pemerintah dan lima ton cadangan reguler.

“Jadi belum ada permintaan beras yang membengkak dari daerah akibat bencana alam selama empat tahun terkakhir,” katanya.

Kata Wellem, beras cadangan provinsi sewaktu-waktu dapat disalurkan dengan sejumlah persyaratan yakni adanya bencana, kemudian pernyataan bencana dari pemerintah kabupaten/kota dilampirkan dengan data lengkap (sesuai nama, alamat, dan NIK).

Cadangan beras yang ada, lanjutnya, juga sebagai persediaan pemerintah provinsi menghadapi musim kemarau 2018 yang mulai berlangsung di daerah setempat.

Ia mengatakan, selain beras, ada pula barang-barang kebutuhan yang disediakan pemerintah provinsi untuk penanganan bencana seperti tenda jadi, pakaian ibu dan anak, makanan dan minuman siap saji, dan lainnya.

“Jadi persediaan di provinsi tetap ada. Sementara untuk upaya penanganan bencana, kami juga sudah membentuk kampung siaga bencana yang tersebar di berbagai daerah rawan bencana,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER