Bupati Kupang Imbau Warga Waspadai Kebakaran Hutan

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Ayub Titu Eki mengingatkan seluruh perangkat desa setempat agar mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau.

“Sekarang cuaca agak panas dan di beberapa tempat sudah terjadi beberapa kebakaran lahan, karena itu saya meminta seluruh kepala desa di Kabuten Kupang untuk waspada terhadap kebakaran seiring dengan mulai meningkatnya suhu panas ini,” kata Ayub Titu Eki di Oelamasi, Senin (7/5), terkait upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan di daerah itu pada musim kemarau.

Bupati dua priode itu meminta seluruh kepala desa untuk mengambil langkah-langkah sesuai prosedur tetap yang ada apabila mengetahui kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.

“Jangan tunggu api sudah besar baru mengambil tindakan. Apabila ada laporan warga segera direspons dan mengerahkan masyarakat maupun potensi lain di daerah itu untuk melakukan upaya pemadaman api sebelum kebakaran itu meluas,” tegas Ayub.

Ia mengatakan, Wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu didominasi dengan padang yang luas serta hutan sehingga sangat rawan terjadi kebakaran ketika musim kemarau melanda daerah itu.

Ayub juga menambahkan hembusan angin yang kencang saat ini juga memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

“Rumput yang tumbuh di daerah ini sangat mudah terbakar sehingga masyarakat harus lebih waspada dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar serta tidak membuang puntung rokok sembarang di kawasan hutan karena dapat menimbulkan kebakaran hutan,” kata Ayub. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER