Bulog Siapkan 30 Triliun Untuk Petani

MATARAM – Badan Urusan Logistik (Bulog) menyiapkan anggaran sebesar Rp 30 triliun untuk menyerap gabah dan beras para petani. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Pengadaan Bulog, Tri Wahyudi Saleh, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengadaan Gabah dan Beras, di Mataram, Selasa (14/3).

“Kita sudah siapkan anggaran sebesar Rp 30 triliun lebih untuk menyerab gabah dan beras petani selama tahun 2017,” kata Tri Wahyudi.

Menurut Tri, pemerintah memiliki target penyerapan gabah dan beras petani tahun 2017 ini sebesar 40 juta ton sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pengadaan Gabah dan Beras.

“Bulog punya kewajiban menyerap setidak-tidaknya 40 juta ton gabah dan beras petani secara nasional pada saat panen raya dimulai,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, panen raya nasional kali ini tidak seperti biasanya. Saat ini, katanya, panen raya dimulai lebih awal dari biasanya yaitu pada bulan Januari dan diperkirakan mencapai puncaknya sekitar bulan Agustus 2017, termasuk di NTB.

“Biasanya panen raya dimulai pada bulan Februari, tetapi di beberapa daerah seperti di Sulawesi dan Jawa, sudah panen sejak Januari lalu,” ungkapnya.

Ia optimis, target tersebut akan tercapai, mengingat anggaran yang disiapkan pemerintah cukup besar untuk menyerap hasil panen para petani. Selain itu, pihaknya juga telah membangun sinergi dengan Kementerian Pertanian dan TNI.

“Jadi, kita ini satu tim untuk mensukseskan agenda tersebut. Kita all out untuk itu dan kita tidak hanya menunggu tetapi kita jemput bola,” pungkasnya. (Syamsul)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER