BPBD Bali Bagikan Masker Antisipasi Abu Vulkanik

0
46
Gunung Agung erupsi
Kolom letusan abu vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah Gunung Agung. (Foto: Dok BNPB)

KARANGASEM, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali bersama instansi terkait lainnya membagikan masker kepada masyarakat sebagai antisipasi sebaran abu vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

“Kami imbau masyarakat untuk menggunakan masker kalau keluar rumah, terutama di wilayah yang terdampak abu vulkanik karena berbahaya bagi kesehatan,” kata Kepala BPBD Bali Dewa Indra di Karangasem, Bali, Ahad (26/11).

Menurut Indra, masker sedang dibagikan di sejumlah titik di Desa Rendang, Selat, Karangasem, Bebandem, Manggis, Kubu oleh petugas dari Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, relawan dan instansi terkait lainnya.

“Masker dengan mudah dapat diperoleh dimana-mana, yang terpenting kesadaran akan pentingnya masker bagi kesehatan terutama sistem pernapasan,” imbuh Indra.

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya menyiapkan lebih dari 500 ribu masker yang dibagikan bertahap kepada masyarakat terdampak abu vulkanik.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik menyikapi erupsi Gunung Agung dan menjauhi radius enam kilometer dari puncak gunung ditambah perluasan sektoral radius 7,5 kilometer.

Gunung Agung terus mengalami erupsi hingga saat ini sejak erupsi freatik pertama pada Selasa (25/11) pukul 17:30 WITA dengan ketinggian 1.500 meter dari puncak kawah, kemudian disusul erupsi secara beruntun.

Selanjutnya Rabu (26/11) pukul 05.05 WITA terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu kelabu gelap bertekanan sedang mencapai 2.000 meter dan pukul 05.45 WITA ketinggian mencapai 3.000 meter.

Erupsi ketiga terjadi pukul 06.20 WITA tinggi semburan abu vulkanik mencapai sekitar 3.000 meter hingga 4.000 meter dari puncak. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman: Jika Tangkap Teroris Cepat, Tentu Polisi Juga Bisa Cepat Tangkap Akun Penyebar Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said berencana akan melaporkan pihak-pihak yang memfitnah dirinya dan calon Wakil Gubernur...
Ida Fauziyah

Ida Fauziyah: Fitnah Dilakukan Secara Sistematis dan Terencana Lewat Sosial Media

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menilai fitnah melalui media sosial terhadap dirinya dan calon Gubernur Sudirman Said dilakukan secara sistematis...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman Ungkap Keterlibatan Petinggi Partai Pengusung Ganjar Terkait Video Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebut adanya oknum petinggi partai pengusung petahana yang diduga berada di belakang beredarnya video fitnah di...

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...