BPBD: 10 Orang Meninggal Akibat Bencana di NTT

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat sedikitnya 10 orang meninggal dunia akibat bencana alam yang melanda provinsi berbasis kepulauan itu selama Januari 2018.

“Selama Januari ini, kami mencatat sudah 10 orang meninggal akibat berbagai bencana yang timbul akibat kondisi cuaca ekstrem yang melanda NTT selama Januari 2018,” kata Kepala BPBD Provinsi NTT Tini Thadeus di Kupang, Kamis (8/2).

Ia menjelaskan semua korban bencana itu menyebar di berbagai daerah seperti di wilayah Pulau Flores, tiga orang di Kabupaten Manggarai Barat, dua orang di Kabupaten Manggarai.

Selain itu, di Pulau Timor yakni Kabupaten Kupang sebanyak tiga orang, serta Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara masing-masing satu orang.

“Data sementara yang kami peroleh seperti itu, petugas BPDB di daerah masih terus melakukan pendataan dan penanganan di lapangan” katanya.

Tini menjelaskan korban yang meninggal akibat bencana yang bervariasi seperti hanyut terbawa banjir, tertimbun tanah longsor, tertimpa pohon dan lainnya.

Ia menyebutkan kondisi bencana alam yang terjadi di provinsi itu menyebar di sekitar 10 kabupaten, 49 kecamatan dan 63 desa atau kelurahan.

Selain korban jiwa, lanjutnya, ada pula korban mengungsi yang tercatat sebanyak 101 orang yang menyebar di dua kabupaten yakni Timor Tengah Selatan dan Sumba Timur.

Ia mengatakan terkait upaya penanggulanagan bencana di daerah yang terdampak, BPBD telah menyalurkan bantuan logistik yang disiapkan di setiap daerah.

“Ada logistik yang sudah kita salurkan dari provinsi sejak Oktober 2017 dan “standby” di daerah sehingga ketika terjadi bencana maka bantuan langsung disalurkan petugas BPBD di sana,” katanya.

Adapun berbagai bantuan logistik tersebut seperti beras, makanan ringan dan siap saji, minuman, hingga perlengkapan seperti tenda darurat, karpet, selimut dan lainnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Petani dan Musim Semi

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER