BI Prediksi Harga Properti di Bali Berpotensi Tumbuh

0
26
ilustrasi

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia memprediksi harga properti residensial pasar primer di Bali berpotensi kembali tumbuh pada triwulan kedua tahun ini setelah pada triwulan pertama mengalami perlambatan berdasarkan survei yang digelar bank sentral itu.

“Kami mencatat hasil survei yang menyebutkan pertumbuhan perkiraan harga properti residensial mencapai 0,78 persen,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana di Denpasar, Sabtu (12/5).

Menurut dia, survei menunjukkan peningkatan harga tertinggi pada triwulan kedua tahun ini diperkirakan terjadi pada rumah tipe menengah yang mencapai 1,24 persen dibandingkan triwulan sebelumnya.

Rumah tipe kecil dan besar masing-masing juga diperkirakan tumbuh 0,43 persen dan 0,69 persen.

Sebelumnya pada survei harga properti pasar primer triwulan pertama tahun ini di Bali mengalami stagnansi bahkan mengalami penurunan dengan indeks mencapai 185,23 dengan pertumbuhan 0,75 persen dibandingkan tahun lalu dan menurun minus 0,04 persen dibandingkan triwulan sebelumnya.

Dalam survei itu, penurunan paling tajam terjadi pada harga rumah tipe kecil dengan tingkat pertumbuhan minus 1,49 persen diikuti oleh tipe besar mencapai minus 0,49 persen dan rumah tipe menengah minus 0,26 persen.

Sementara itu untuk perumahan sekunder di wilayah Denpasar dan sekitarnya relatif belum menunjukkan perubahan yang signifikan pada triwulan pertama 2018.

“Rendahnya aktivitas transaksi pada awal tahun terlihat dari pergerakan harga rumah sekunder yang relatif stagnan dan tidak mengalami perubahan dibandingkan triwulan sebelumnya,” ucap pria yang akrab disapa CIK itu.

Berdasarkan wilayahnya secara umum pergerakan harga di wilayah Denpasar relatif melambat namun harga mulai terlihat bergerak khususnya di Denpasar Timur, Denpasar Utara dan Kuta Selatan. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...