BI Prediksi Harga Properti di Bali Berpotensi Tumbuh

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia memprediksi harga properti residensial pasar primer di Bali berpotensi kembali tumbuh pada triwulan kedua tahun ini setelah pada triwulan pertama mengalami perlambatan berdasarkan survei yang digelar bank sentral itu.

“Kami mencatat hasil survei yang menyebutkan pertumbuhan perkiraan harga properti residensial mencapai 0,78 persen,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana di Denpasar, Sabtu (12/5).

Menurut dia, survei menunjukkan peningkatan harga tertinggi pada triwulan kedua tahun ini diperkirakan terjadi pada rumah tipe menengah yang mencapai 1,24 persen dibandingkan triwulan sebelumnya.

Rumah tipe kecil dan besar masing-masing juga diperkirakan tumbuh 0,43 persen dan 0,69 persen.

Sebelumnya pada survei harga properti pasar primer triwulan pertama tahun ini di Bali mengalami stagnansi bahkan mengalami penurunan dengan indeks mencapai 185,23 dengan pertumbuhan 0,75 persen dibandingkan tahun lalu dan menurun minus 0,04 persen dibandingkan triwulan sebelumnya.

Dalam survei itu, penurunan paling tajam terjadi pada harga rumah tipe kecil dengan tingkat pertumbuhan minus 1,49 persen diikuti oleh tipe besar mencapai minus 0,49 persen dan rumah tipe menengah minus 0,26 persen.

Sementara itu untuk perumahan sekunder di wilayah Denpasar dan sekitarnya relatif belum menunjukkan perubahan yang signifikan pada triwulan pertama 2018.

“Rendahnya aktivitas transaksi pada awal tahun terlihat dari pergerakan harga rumah sekunder yang relatif stagnan dan tidak mengalami perubahan dibandingkan triwulan sebelumnya,” ucap pria yang akrab disapa CIK itu.

Berdasarkan wilayahnya secara umum pergerakan harga di wilayah Denpasar relatif melambat namun harga mulai terlihat bergerak khususnya di Denpasar Timur, Denpasar Utara dan Kuta Selatan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing. Mulai dari urusan remeh temeh seperti semir sepatu dan jarum jahit sampai urusan canggih-canggih seperti pesawat terbang dan gadged.

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy