Belasan Ribu Telur Dilarang Masuk ke Bali

NEGARA, SERUJI.CO.ID – Belasan ribu butir telur bebek tanpa dilengkapi surat keterangan kesehatan dari kantor karantina daerah asal, dilarang masuk ke Bali.

“Sesuai peraturan, telur salah satu komoditas yang harus dilengkapi surat keterangan kesehatan dari kantor karantina daerah asal saat dibawa antar pulau,” kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Komisaris I Nyoman Subawa, Selasa (15/5).

Ia mengatakan, 19.200 butir telur bebek itu diketahui masuk ke Bali saat anak buahnya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan, barang dan orang yang masuk ke Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Senin (14/5) malam.

Saat memeriksa muatan mobil pick up yang dikemudikan HW asal Surabaya, Jawa Timur, petugas yang dipimpin Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kawasan Laut Gilimanuk Ajun Komisaris I Komang Muliyadi menemukan telur tersebut.

Dari keterangan HW, telur itu milik ES dari Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan tujuan kepada Ar di Denpasar, sementara dirinya hanya sopir yang mendapatkan upah Rp1 juta.

“Sopir ini mengaku sudah beberapa kali membawa telur ke Bali, dan tidak tahu kalau komoditas ini harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan dari karantina,” kata Muliyadi.

Ia mengatakan, sesuai Undang-Undang No 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan Dan Tumbuhan, setiap pengiriman komoditi tersebut serta bahan yang berasal dari hewan, ikan dan tumbuhan harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan dari kantor karantina.

Menurutnya, setelah dimintai keterangan di polsek, pengemudi, kendaraan serta telur itu dilimpahkan ke Kantor Karantina Hewan Wilayah Kerja Gilimanuk untuk ditindak sesuai aturan karantina. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER