Bantu Warga Terdampak Gempa Lombok, Ini yang dilakukan PKPU Human Initiative

LOMBOK, SERUJI.CO.ID – Sejak kejadian gempa pertama pada 29 Juli 2018, PKPU Human Initiative telah menurunkan tim rescue ke lokasi terdampak. Aktivitas bantuan yang telah dilakukan sementara ini di Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Sembalun.

Sejauh ini aktivitas yang telah dilakukan oleh tim relawan adalah evakuasi warga, serta penyediaan makanan dan minuman melalui program Dapur Air, serta pembagian roti di Desa Sembalun Timba Gading, Kec. Sembalun.

“Selain itu, kami telah mendistribusikan Hygiene Kit sebanyak 160 paket di Desa Sajang, Distribusi Tikar dan selimut di Desa Sembalun, pemberian tandon air di Desa Sajang, serta pendirian Dapur Air dibeberapa titik pengungsian” terang Koordinator Tim Rescue PKPU HI, Amir Mu’tar.

Selain itu, terang Amir, PKPU HI telah mengirimkan armada dan peralatan keselamatan serta menambah personil relawan.

Di Lombok Timur PKPU Human Initiative telah mendirikan POSKO Bantuan tepatnya di Sembalun Lawang No16. Tim Rescue PKPU Human Initiative terus menyusuri daerah-daerah terdampak lebih luas lagi. Khususnya sejak kemarin (6/8) mereka berhasil menembus wilayah Kabupaten Lombok Utara. Pasalnya lokasi tersebut merupakan tempat yang terkena dampak cukup parah.

Tim Rescue PKPU Human Initiative melakukan evakuasi korban tertimbun reruntuhan bersama gabungan Tim SAR lainnya sejak malam hari pasca gempa, Khususnya di Kecamatan Tanjung. Sedikitnya 92 orang meninggal dunia berhasil dievakuasi.

“Masih banyak warga yang belum ditemukan, diperkirakan mereka masih berada di reruntuhan rumahnya dan di reruntuhan masjid, karena gempa terjadi saat warga masih menjalankan sholat Isya,” ungkap Koordinator Tim Rescue PKPU Human Initiative, Amir Mu’tar.

Kondisi bangunan di daerah ini rata-rata mengalami kerusakan berat, diantaranya Kantor Bupati Lombok Utara, RSUD Lombok Utara, Kantor DPRD Lombok Utara, Masjid Raya Lombok Utara, Pasar UKM, dan rumah rumah warga.

Amir menerangkan, respon selanjutnya yang akan dilakukan Tim PKPU Human Initiative adalah mendirikan “Serambi Nyaman” untuk para pengungsi dan “Rumah Senyum” sebagai upaya psychosocial untuk anak-anak yang trauma akibat bencana. (PKPU/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.