Bantu Warga Terdampak Gempa Lombok, Ini yang dilakukan PKPU Human Initiative

LOMBOK, SERUJI.CO.ID – Sejak kejadian gempa pertama pada 29 Juli 2018, PKPU Human Initiative telah menurunkan tim rescue ke lokasi terdampak. Aktivitas bantuan yang telah dilakukan sementara ini di Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Sembalun.

Sejauh ini aktivitas yang telah dilakukan oleh tim relawan adalah evakuasi warga, serta penyediaan makanan dan minuman melalui program Dapur Air, serta pembagian roti di Desa Sembalun Timba Gading, Kec. Sembalun.

“Selain itu, kami telah mendistribusikan Hygiene Kit sebanyak 160 paket di Desa Sajang, Distribusi Tikar dan selimut di Desa Sembalun, pemberian tandon air di Desa Sajang, serta pendirian Dapur Air dibeberapa titik pengungsian” terang Koordinator Tim Rescue PKPU HI, Amir Mu’tar.

Selain itu, terang Amir, PKPU HI telah mengirimkan armada dan peralatan keselamatan serta menambah personil relawan.

Di Lombok Timur PKPU Human Initiative telah mendirikan POSKO Bantuan tepatnya di Sembalun Lawang No16. Tim Rescue PKPU Human Initiative terus menyusuri daerah-daerah terdampak lebih luas lagi. Khususnya sejak kemarin (6/8) mereka berhasil menembus wilayah Kabupaten Lombok Utara. Pasalnya lokasi tersebut merupakan tempat yang terkena dampak cukup parah.

Tim Rescue PKPU Human Initiative melakukan evakuasi korban tertimbun reruntuhan bersama gabungan Tim SAR lainnya sejak malam hari pasca gempa, Khususnya di Kecamatan Tanjung. Sedikitnya 92 orang meninggal dunia berhasil dievakuasi.

“Masih banyak warga yang belum ditemukan, diperkirakan mereka masih berada di reruntuhan rumahnya dan di reruntuhan masjid, karena gempa terjadi saat warga masih menjalankan sholat Isya,” ungkap Koordinator Tim Rescue PKPU Human Initiative, Amir Mu’tar.

Kondisi bangunan di daerah ini rata-rata mengalami kerusakan berat, diantaranya Kantor Bupati Lombok Utara, RSUD Lombok Utara, Kantor DPRD Lombok Utara, Masjid Raya Lombok Utara, Pasar UKM, dan rumah rumah warga.

Amir menerangkan, respon selanjutnya yang akan dilakukan Tim PKPU Human Initiative adalah mendirikan “Serambi Nyaman” untuk para pengungsi dan “Rumah Senyum” sebagai upaya psychosocial untuk anak-anak yang trauma akibat bencana. (PKPU/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER