Bantu Warga Terdampak Gempa Lombok, Ini yang dilakukan PKPU Human Initiative

LOMBOK, SERUJI.CO.ID – Sejak kejadian gempa pertama pada 29 Juli 2018, PKPU Human Initiative telah menurunkan tim rescue ke lokasi terdampak. Aktivitas bantuan yang telah dilakukan sementara ini di Lombok Timur, tepatnya di Kecamatan Sembalun.

Sejauh ini aktivitas yang telah dilakukan oleh tim relawan adalah evakuasi warga, serta penyediaan makanan dan minuman melalui program Dapur Air, serta pembagian roti di Desa Sembalun Timba Gading, Kec. Sembalun.

“Selain itu, kami telah mendistribusikan Hygiene Kit sebanyak 160 paket di Desa Sajang, Distribusi Tikar dan selimut di Desa Sembalun, pemberian tandon air di Desa Sajang, serta pendirian Dapur Air dibeberapa titik pengungsian” terang Koordinator Tim Rescue PKPU HI, Amir Mu’tar.

Selain itu, terang Amir, PKPU HI telah mengirimkan armada dan peralatan keselamatan serta menambah personil relawan.

Di Lombok Timur PKPU Human Initiative telah mendirikan POSKO Bantuan tepatnya di Sembalun Lawang No16. Tim Rescue PKPU Human Initiative terus menyusuri daerah-daerah terdampak lebih luas lagi. Khususnya sejak kemarin (6/8) mereka berhasil menembus wilayah Kabupaten Lombok Utara. Pasalnya lokasi tersebut merupakan tempat yang terkena dampak cukup parah.

Tim Rescue PKPU Human Initiative melakukan evakuasi korban tertimbun reruntuhan bersama gabungan Tim SAR lainnya sejak malam hari pasca gempa, Khususnya di Kecamatan Tanjung. Sedikitnya 92 orang meninggal dunia berhasil dievakuasi.

“Masih banyak warga yang belum ditemukan, diperkirakan mereka masih berada di reruntuhan rumahnya dan di reruntuhan masjid, karena gempa terjadi saat warga masih menjalankan sholat Isya,” ungkap Koordinator Tim Rescue PKPU Human Initiative, Amir Mu’tar.

Kondisi bangunan di daerah ini rata-rata mengalami kerusakan berat, diantaranya Kantor Bupati Lombok Utara, RSUD Lombok Utara, Kantor DPRD Lombok Utara, Masjid Raya Lombok Utara, Pasar UKM, dan rumah rumah warga.

Amir menerangkan, respon selanjutnya yang akan dilakukan Tim PKPU Human Initiative adalah mendirikan “Serambi Nyaman” untuk para pengungsi dan “Rumah Senyum” sebagai upaya psychosocial untuk anak-anak yang trauma akibat bencana. (PKPU/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER