Bandara Bali Terima 477 Tambahan Penerbangan

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menerima 477 penerbangan tambahan yang diajukan maskapai penerbangan nasional mengakomodasi tingginya permintaan untuk rute dalam negeri menjelang libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Akhir tahun, Bali pasti menjadi tempat tujuan utama wisatawan domestik dan internasional,” kata General Manajer Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi setelah membuka posko terpadu Natal dan Tahun Baru di Terminal Domestik bandara setempat di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Senin (18/12).

Menurut Yanus, ratusan penerbangan tambahan itu diajukan oleh lima maskapai penerbangan nasional dengan sekitar 80 ribu kursi tersedia.

Lima maskapai tersebut yakni Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air, dan Sriwijaya Air dengan rute terbanyak yang dilayani adalah Surabaya, Jakarta, Makassar, Labuan Bajo, Waingapu, Lombok, dan Maumere.

“Tertinggi rute ke Surabaya total ada 182 penerbangan tambahan, lalu disusul Lombok sebanyak 112 penerbangan dan Jakarta 81 penerbangan dan sisanya kota di Indonesia Timur,” katanya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2016, pengajuan penerbangan tambahan tahun ini menurun sebesar 22 persen yakni mencapai 613 penerbangan dengan jumlah kursi yang otomatis menurun sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 106 ribu kursi.

Penurunan itu, lanjutnya, diprediksi karena aktivitas vulkanik Gunung Agung yang masih berfluktuasi sehingga jumlah pengajuan lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Begitu juga dengan rute internasional, tahun ini belum ada penambahan penerbangan yang melayani rute internasional yang diajukan maskapai nasional maupun maskapai asing.

“Kami harap rute internasional juga akan menyusul, tetapi mereka merencanakan saja belum mengajukan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, pengelola bandara juga mendirikan posko terpadu bekerja sama dengan TNI AU, kepolisian, Otoritas Bandara, BMKG, AirNav, maskapai penerbangan, dan instansi terkait lainnya untuk memudahkan pelayanan calon penumpang saat musim puncak liburan akhir tahun. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy