Bandara Bali Terima 477 Tambahan Penerbangan

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menerima 477 penerbangan tambahan yang diajukan maskapai penerbangan nasional mengakomodasi tingginya permintaan untuk rute dalam negeri menjelang libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Akhir tahun, Bali pasti menjadi tempat tujuan utama wisatawan domestik dan internasional,” kata General Manajer Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi setelah membuka posko terpadu Natal dan Tahun Baru di Terminal Domestik bandara setempat di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Senin (18/12).

Menurut Yanus, ratusan penerbangan tambahan itu diajukan oleh lima maskapai penerbangan nasional dengan sekitar 80 ribu kursi tersedia.

Lima maskapai tersebut yakni Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air, dan Sriwijaya Air dengan rute terbanyak yang dilayani adalah Surabaya, Jakarta, Makassar, Labuan Bajo, Waingapu, Lombok, dan Maumere.

“Tertinggi rute ke Surabaya total ada 182 penerbangan tambahan, lalu disusul Lombok sebanyak 112 penerbangan dan Jakarta 81 penerbangan dan sisanya kota di Indonesia Timur,” katanya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2016, pengajuan penerbangan tambahan tahun ini menurun sebesar 22 persen yakni mencapai 613 penerbangan dengan jumlah kursi yang otomatis menurun sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 106 ribu kursi.

Penurunan itu, lanjutnya, diprediksi karena aktivitas vulkanik Gunung Agung yang masih berfluktuasi sehingga jumlah pengajuan lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Begitu juga dengan rute internasional, tahun ini belum ada penambahan penerbangan yang melayani rute internasional yang diajukan maskapai nasional maupun maskapai asing.

“Kami harap rute internasional juga akan menyusul, tetapi mereka merencanakan saja belum mengajukan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, pengelola bandara juga mendirikan posko terpadu bekerja sama dengan TNI AU, kepolisian, Otoritas Bandara, BMKG, AirNav, maskapai penerbangan, dan instansi terkait lainnya untuk memudahkan pelayanan calon penumpang saat musim puncak liburan akhir tahun. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER