250 Hektare Hutan Lindung di Maumere Terbakar

MAUMERE – Kepala UPT Pengelolaan Hutan Kabupaten Sikka Vitalis Nong Feni mengatakan hutan lindung Egon Ilin Medo di Dusun Blidit, Desa Egon, Kecamatan Waigete terbakar seluas 250 hektare. Diduga sumber kebakaran berasal dari putung rokok yang dibuang warga.

“Kebakaran tersebut berasal berawal dari Km 12 hingga Km 6. Akibat angin kencang, lahan di kawasan hutan lindung itu tidak dapat diselamatkan,” ujar Vitalis

Ia mengatakan upaya pemadaman itu sulit karena api terus mengamuk dan sarana pendukung terbatas.

“Dalam upaya pemadaman ini, kami mengalami kesulitan karena kurangnya sarana pendukung lainnya. Selain itu, api merambat begitu cepat karena angin kencang,” jelasnya.

Sementara itu, seorang warga sekitar, Taufik Koban pada Jumat (28/7) memaparkan bahwa hutan lindung tersebut sudah terbakar sejak Rabu (26/7) dan baru bisa dipadamkan Kamis (27/7) oleh pemadam gabungan yang terdiri atas masyarakat, polisi dan satpol PP.

“Kami melihat belasan titik api di wilayah hutan lindung yang membuat warga mengalami kesulitan karena angin begitu kencang,” tuturnya. (HA)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER