1,6 Tahun Tidak Digaji Majikan, TKW Asal NTT Melarikan Diri dari Malaysia

0
19
Tenaga kerja wanita

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Santi Yatni Asmada Bahan (25), seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur melarikan diri dari Malaysia, setelah 1,6 tahun tidak digaji oleh majikannya sebagai pembantu rumah tangga.

Direktur Pengembangan Inisiatif Advokasi Rakyat (PIAR) NTT Sarah Lery Mboik kepada wartawan di Kupang, Jumat (9/3), mengatakan saat melarikan diri, Santi langsung ke KBRI Malaysia di Kuala Lumpur untuk melaporkan kejadian tersebut.

Santi, perempuan asal Desa Laob, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan itu, direkrut oleh seorang sponsor bernama Yanto Nale pada 2015 untuk dipekerjakan di Malaysia sebagai pembantu rumah tangga.

Saat berangkat dari Kupang menuju Malaysia, kata Sarah, Santi malah diterbangkan menuju Medan, Sumatera Utara untuk dibuatkan paspornya agar bisa masuk ke negeri jiran Malaysia sebagai TKW dari Indonesia.

Ia mengatakan saat tiba di Malaysia, Santi dibawa ke Prestij Bistari Malaysia, sebuah agensi tenaga kerja di negeri jiran itu untuk beberapa hari lamanya.

Tak lama kemudian, ujar Sarah, Santi langsung melakukan penandatangan kontrak kerja dengan seorang majikan dengan gaji per bulan RM750 atau sekitar Rp2,5 juta.

Namun, dalam perjalanan, kata dia, sang majikan menyangkali kontrak kerja tersebut, dan tidak membayar upahnya selama sekitar 1,6 tahun itu.

“Alasan sang majikan karena Santi bukan merupakan TKW legal melainkan pekerja ilegal yang diselundupkan ke Malaysia untuk mencari pekerjaan di negeri jiran itu,” kata Sarah.

Pihak KBRI Kuala Lumpur di Malaysia akhirnya memulangkan Santi kembali ke Indonesia dan seterusnya ke kampung halamannya di Desa Laob, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Februari lalu.

Dalam menghadapi situasi sulit seperti itu, Santi juga masih berharap kepada majikannya untuk membayar upahnya selama 1,6 tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Minta Nasihat Kiai, PKS Bersilaturahim ke PWNU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur melakukan silaturahmi dan meminta nasihat ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) setempat sekaligus membahas...

Polres Ngawi Amankan Ribuan Liter Minuman Keras

NGAWI, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Ngawi, Jawa Timur, mengamankan ribuan liter berbagai jenis minuman keras yang siap dijual di wilayah hukumnya hingga membahayakan masyarakat...

Polisi Tangkap Pemuda Mabuk Bawa Dua “Sajam”

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang pemuda berinisial MH (27) warga Desa Ambutun, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, karena gerak-gerik...

Muhaimin Iskandar Minta Didoakan Jadi Wapres Pada 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar secara terbuka meminta didoakan para nelayan dan ibu-ibu di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara,...

Naik Sepeda Motor, Seorang Siswa SMP Tewas Tertabrak Bus

GARUT, SERUJI.CO.ID - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Limbangan menuju Bandung, tepatnya di daerah Cibedug, desa Cigagade. Tabrakan terjadi antara sepeda motor dengan bus...