1,6 Tahun Tidak Digaji Majikan, TKW Asal NTT Melarikan Diri dari Malaysia

0
50
Tenaga kerja wanita

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Santi Yatni Asmada Bahan (25), seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur melarikan diri dari Malaysia, setelah 1,6 tahun tidak digaji oleh majikannya sebagai pembantu rumah tangga.

Direktur Pengembangan Inisiatif Advokasi Rakyat (PIAR) NTT Sarah Lery Mboik kepada wartawan di Kupang, Jumat (9/3), mengatakan saat melarikan diri, Santi langsung ke KBRI Malaysia di Kuala Lumpur untuk melaporkan kejadian tersebut.

Santi, perempuan asal Desa Laob, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan itu, direkrut oleh seorang sponsor bernama Yanto Nale pada 2015 untuk dipekerjakan di Malaysia sebagai pembantu rumah tangga.

Saat berangkat dari Kupang menuju Malaysia, kata Sarah, Santi malah diterbangkan menuju Medan, Sumatera Utara untuk dibuatkan paspornya agar bisa masuk ke negeri jiran Malaysia sebagai TKW dari Indonesia.

Ia mengatakan saat tiba di Malaysia, Santi dibawa ke Prestij Bistari Malaysia, sebuah agensi tenaga kerja di negeri jiran itu untuk beberapa hari lamanya.

Tak lama kemudian, ujar Sarah, Santi langsung melakukan penandatangan kontrak kerja dengan seorang majikan dengan gaji per bulan RM750 atau sekitar Rp2,5 juta.

Namun, dalam perjalanan, kata dia, sang majikan menyangkali kontrak kerja tersebut, dan tidak membayar upahnya selama sekitar 1,6 tahun itu.

“Alasan sang majikan karena Santi bukan merupakan TKW legal melainkan pekerja ilegal yang diselundupkan ke Malaysia untuk mencari pekerjaan di negeri jiran itu,” kata Sarah.

Pihak KBRI Kuala Lumpur di Malaysia akhirnya memulangkan Santi kembali ke Indonesia dan seterusnya ke kampung halamannya di Desa Laob, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Februari lalu.

Dalam menghadapi situasi sulit seperti itu, Santi juga masih berharap kepada majikannya untuk membayar upahnya selama 1,6 tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Ignasius Jonan

Beda dengan Sri Mulyani, Ignasius Jonan Akui “HoA” Freeport Tak Mengikat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan pemerintah terkait head of agreement (HoA) dalam pembelian Freeport mulai saling bertolak belakang. Bila sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa HoA...

Pemprov DKI Undang Pemasang Bendera Asian Games Pakai Bambu ke Balai Kota

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengundang Thamran (40), salah satu warga Penjaringan yang memasang bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan...
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Idrus Marham Diperiksa Terkait Suap PLTU Riau 1 Saat Jabat Sekjen Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Sosial Idrus Marham mengaku sudah kenal lama dengan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga...

Jabatan Ngabalin Bertambah, Kini Diangkat Sebagai Komisaris Angkasa Pura I

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politisi Golkar Ali Mochtar Ngabalin yang belum lama ini diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi...
Obar Asian Games 2018

Kapolda Hingga Gubernur Jateng Ikut Bawa Obor Asian Games 2018

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Pawai obor Torch Relay Asian Games 2018 digelar guna menyambut ajang ini dengan...